Butuh Bantuan? Customer Service Kursi Roda Surabaya siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Cara Perawatan Kursi Roda yang Baik dan Benar

Cara Perawatan Kursi Roda yang Baik dan Benar

Ditulis pada: 21 November 2019 | Kategori:

Bagi penyandang disabilitas pengguna kursi roda, kendaraan tersebut bisa dibilang sebagai separuh hidupnya. Karena kursi roda adalah kendaraan yang membantu segala bentuk aktivitas keseharian seorang penyandang disabilitas pengguna kursi roda. Terkadang dan tak jarang pengguna kursi roda sering tidak memperhatikan kebersihan kendaraan yang ia pakai. Harga kursi roda yang bisa dibilang tidak murah seharusnya membuat pengguna kursi roda sadar akan bagaimana pengguna tersebut merawat kursi rodanya agar awet dan enak dipandang mata.

Berikut beberapa tipsnya :

  • Hindari dari air apalagi air garam
    Musuh utama kursi roda adalah air. Karena air dapat membuat besi di kursi roda karatan. Usahakan setelah mandi atau menggunakan kursi roda dengan aktivitas yang ada hubungannya dengan air segeralah ambil kain untuk mengelap kursi roda bersih dari air. Lakukan hal itu setelah selesai beraktivitas. Apalagi kursi roda itu kita gunakan di pantai segera cuci kursi roda agar terhindar dari air laut, karena air laut sangat mempermudah timbulnya karat pada kursi roda.
  • Bersihkan dari debu dan kotoran
    Penggunaan kursi roda yang setiap hari sangat tidak mungkin jika kursi roda terhindar dari debu. Debu yang menumpuk di kursi roda, pada rangkanya, ataupun di ruji roda yang bisa jadi  sangat tebal terlebih jika kursi roda yang sering digunakan di luar rumah. Segeralah untuk membersikan dengan kain lap, agar kursi roda anda kinclong lagi.
  • Cek suspensi tekanan udara pada Ban
    Ban yang kurang suspensi tekanan udaranya atau terlihat kempes, biasanya membuat kursi roda berat untuk dikayuh. Maka perhatikan suspensi udara agar kursi roda enteng di kayuh. Penggunaan kursi roda dengan ban yang suspensi udaranya kurang, juga bisa mengakibatkan cepat rusaknya velg dan ban kursi roda tersebut. Beda halnya jika kursi roda yang kalian miliki adalah kursi roda yang menggunakan ban mati, yang tentu ban mati tidak memerlukan pengecekan tekanan udara.
  • Jauhkan ban depan dari rambut dan benang
    Pernahkah laker ban depan kursi rodamu pecah gara-gara rambut? Punya saya pernah, rambut yang rontok dan benang yang terselip disela-sela laker ban depan kursi roda juga berbahaya jika didiamkan saja. Lihatlah kondisi ban depan kursi roda minimal seminggu sekali apakah ada rambut rontok atau benang yang terselip diantara laker ban depan, jika ada segeralah ambil pinset untuk mengambil rambut atau benang yang terselip itu. Kerena jika itu dibiarkan terlalu lama, akan membuat laju ban depan tidak lancar.
  • Beri pelumas
    Ada beberapa bagian kursi roda yang menggunakan laker. Bagian-bagian yang menggunakan laker tersebut juga menjadi hal yang tak boleh luput dari perhatian. Beri pelumas pada bagian yang terdapat laker. Penggunaan pelumas untuk memperlancar kerja laker sebagai poros putar. Apalagi jika kursi roda tersebut sering terkena air, biasanya laker juga gampang berkarat saat kondisi kursi roda kering. Untuk menghindari keringnya laker dari air dan mengakibatkan karat cepat timbul, sering-seringlah memberi pelumas pada bagian kursi roda yang terdapat laker.
  • Jahit atau ganti alas duduk dan sandaran yang sobek
    Alas duduk atau sandaran juga adalah hal penting yang tidak boleh luput, apabila anda merawat kursi roda. Penggunaan sehari-hari dan usia kursi roda yang sudah lama sangat memungkinkan sobek dan rusak. Jika masih bisa dijahit segeralah untuk menjahitnya agar sobekan tak meluas ke bagian alas duduk yang lain.
  • Jahit atau ganti alas duduk dan sandaran yang sobek
    Alas duduk atau sandaran juga adalah hal penting yang tidak boleh luput, apabila anda merawat kursi roda. Penggunaan sehari-hari dan usia kursi roda yang sudah lama sangat memungkinkan sobek dan rusak. Jika masih bisa dijahit segeralah untuk menjahitnya agar sobekan tak meluas ke bagian alas duduk yang lain.
  • Jemur busa/bantal alas duduk
    Sebagai pengguna kursi roda yang menggunakan busa/bantal sebagai alas duduk, sebaiknya perhatikan juga kelembapan dan kebersihan busa/bantal tersebut. Sering-seringlah dijemur, apalagi maaf, jika busa/bantal tersebut terkena pipis, itu sebaiknya buru-buru di cuci hingga tak berbau pesing dan lekas di jemur hingga juga benar-benar kering. Karna busa/bantal sebagai alas duduk itu berhubungan langsung dengan organ vital yang harus dijaga kebersihannya, tidak mau, kan jika gatal karna busa/bantal yang kita gunakan kotor.

Kursi roda yang harganya tidak murah itu, kita wajib merawatnya. Rusak dan tidak bisa digunakan kita sendiri yang repot, rawatlah selagi mampu. Syukur jika masih ada dermawan atau lembaga yang mau memberi kursi roda dengan cuma-cuma. Jika tidak, menabung dulu baru beli kursi roda? Asal jangan jual warisan orang tua, kalau punya.

Itu hal yang saya sarankan untuk merawat kursi roda sebgai pengganti kaki untuk berjalan. Biarpun disabilitas penampilan yang menarik juga perlu. Tidak hanya penampilan menarik dari pakaian yang kita kenakan saja, tapi kursi roda sebagai ganti kaki untuk berjalan juga perlu dirawat dan di poles tampilannya agar nyaman digunakan dan enak dipandang mata oleh orang yang melihatnya. Bersih, rapi, kita juga yang merasakan nikmatnya.

 

Semoga Bermanfaat ­čÖé

Cara Perawatan Kursi Roda yang Baik dan Benar | Kursi Roda Surabaya

Tags:

Belum ada Komentar untuk Cara Perawatan Kursi Roda yang Baik dan Benar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan

Tips Memilih Kursi Roda Travelling

Ditulis pada: 5 Desember 2019

Membahagiakan orangtua pasti adalah hal yang ingin dilakukan setiap anak dalam kehidupan ketika dewasa, setelah orangtua merawat kita sejak di kandungan hingga saat ini. Ketika orangtua mulai kesulitan dalam mobilitas, mudah lelah saat diajak jalan-jalan, maka ketika akan mengajak orangtua... Baca selengkapnya »

Cara Perawatan Kursi Roda yang Baik dan Benar

Ditulis pada: 21 November 2019

Bagi penyandang disabilitas pengguna kursi roda, kendaraan tersebut bisa dibilang sebagai separuh hidupnya. Karena kursi roda adalah kendaraan yang membantu segala bentuk aktivitas keseharian seorang penyandang disabilitas pengguna kursi roda. Terkadang dan tak jarang pengguna kursi roda sering tidak memperhatikan... Baca selengkapnya »

Kelebihan dan Kekurangan Kursi Roda Elektrik dan Manual

Ditulis pada: 14 November 2019

Kursi roda sendiri merupakan alat bantu berpindah yang sangat penting utamanya bagi penyandang disabilitas tunadaksa atau pasien yang mengalami suatu hal sehingga tidak mampu berjalan.   Kursi Roda Elektrik Kursi roda elektrik merupakan jenis kursi roda yang mampu bergerak dikarenakan... Baca selengkapnya »

3 TIPS MEMBELI KURSI RODA YANG COCOK UNTUK ANDA

Ditulis pada: 24 Oktober 2019

Ketika hendak membeli kursi roda, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sehingga kursi roda itu dapat fit dengan lingkungan, gaya hidup, kondisi, dan budget Anda. Pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan pada diri Anda ketika hendak membeli kursi roda... Baca selengkapnya »

Apa itu cerebral palsy?

Ditulis pada: 17 Oktober 2019

Apa itu cerebral palsy? Cerebral palsy adalah nama sekelompok kondisi yang memengaruhi otot dan saraf. Penyakit ini bukan bawaan, tapi dimulai dari tahap awal kehidupan yaitu sejak lahir. Ada tiga jenis cerebral palsy (CP) adalah spastic (paling umum), athetoid, dan... Baca selengkapnya »