Butuh Bantuan? Customer Service Kursi Roda Surabaya siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Tak Berkategori » Apa itu cerebral palsy?

Apa itu cerebral palsy?

Ditulis pada: 17 Oktober 2019 | Kategori: Tak Berkategori

Apa itu cerebral palsy?

Cerebral palsy adalah nama sekelompok kondisi yang memengaruhi otot dan saraf. Penyakit ini bukan bawaan, tapi dimulai dari tahap awal kehidupan yaitu sejak lahir. Ada tiga jenis cerebral palsy (CP) adalah spastic (paling umum), athetoid, dan ataxic.

CP adalah kondisi seumur hidup yang tidak akan memburuk. Kebanyakan anak pengidap CP dapat memiliki aktivitas sehari-hari yang normal pula.

Beberapa orang terkena penyakit taraf ringan dan dapat hidup cukup normal. Yang lainnya mengalami gejala yang lebih parah. Banyak orang memiliki tingkat kecerdasan yang normal meskipun mengalami cacat fisik yang parah.

Seberapa umumkah cerebral palsy?

Cerebral palsy adalah kondis yang bisa terjadi pada bayi baru lahir dan anak kecil.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala cerebral palsy?

Cerebral palsy adalah kondisi yang bisa terjadi dengan tingkat ringan, sedang, atau parah. Gejala termasuk pergerakan lengan dan kaki yang abnormal, bayi sulit makan, bentuk otot yang buruk pada awal kehidupan, perkembangan berjalan dan berbicara yang lambat, postur tubuh abnormal, kejang otot, tubuh kaku, koordinasi yang buruk, dan mata yang terlihat marah.

Pada anak dengan cerebral palsy spastic, biasanya memiliki otot yang menyempit, dengan pergerakan yang kaku, terutama pada kaki, lengan, dan punggung.

Sedangkan cerebral palsy athetoid adalah kondisi yang memengaruhi seluruh tubuh sehingga anak memiliki masalah keseimbangan dan koordinasi. Mereka memiliki pergerakan yang lambat dan tidak terkendali serta bentuk otot yang buruk yang membuat mereka sulit duduk tegap dan berjalan.

Gejala CP campuran adalah kombinasi kedua jenis ini. Terkadang anak dengan CP bisa memiliki kesulitan belajar, mendengar, atau melihat, atau keterbelakangan mental. Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang tanda ini, konsultasikanlah kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Diagnosis awal dapat membantu mencegah banyak gejala dan mengontrol penyakit dengan lebih baik. Bila Anda melihat adanya tanda dan gejala di atas atau masalah koordinasi dan fungsi otot pada anak Anda, konsultasikanlah kepada dokter.

Penyebab

Apa penyebab cerebral palsy?

Penyebab cerebral palsy adalah karena adanya cedera pada bagian otak yang mengontrol kemampuan untuk menggunakan otot. Cerebral berarti berhubungan dengan otak. Palsy berarti kelemahan atau kesulitan menggunakan otot. Ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan anak mengalami cerebral palsy:

  • Ibu mengalami cedera pada masa hamil, atau bayi mengalami cedera dalam proses persalinan atau masa awal kanak-kanak
  • Tidak mendapatkan cukup oksigen selama atau setelah lahir
  • Infeksi (misalnya campak jerman) yang menular dari ibu ke bayi
  • Infeksi serius pada bayi yang baru lahir

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko cerebral palsy?

Ada banyak faktor risiko yang meningkatkan risiko Cerebral palsy seperti:

  • Ibu mengalami cedera atau infeksi selama kehamilan.
  • Anak tidak mendapatkan cukup oksigen di dalam kandungan.
  • Cedera atau infeksi pada masa awal kanak-kanak.

Apa itu cerebral palsy? | Kursi Roda Surabaya

Tags:

Belum ada Komentar untuk Apa itu cerebral palsy?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Kesehatan

Tips Memilih Kursi Roda Travelling

Ditulis pada: 5 Desember 2019

Membahagiakan orangtua pasti adalah hal yang ingin dilakukan setiap anak dalam kehidupan ketika dewasa, setelah orangtua merawat kita sejak di kandungan hingga saat ini. Ketika orangtua mulai kesulitan dalam mobilitas, mudah lelah saat diajak jalan-jalan, maka ketika akan mengajak orangtua... Baca selengkapnya »

Cara Perawatan Kursi Roda yang Baik dan Benar

Ditulis pada: 21 November 2019

Bagi penyandang disabilitas pengguna kursi roda, kendaraan tersebut bisa dibilang sebagai separuh hidupnya. Karena kursi roda adalah kendaraan yang membantu segala bentuk aktivitas keseharian seorang penyandang disabilitas pengguna kursi roda. Terkadang dan tak jarang pengguna kursi roda sering tidak memperhatikan... Baca selengkapnya »

Kelebihan dan Kekurangan Kursi Roda Elektrik dan Manual

Ditulis pada: 14 November 2019

Kursi roda sendiri merupakan alat bantu berpindah yang sangat penting utamanya bagi penyandang disabilitas tunadaksa atau pasien yang mengalami suatu hal sehingga tidak mampu berjalan.   Kursi Roda Elektrik Kursi roda elektrik merupakan jenis kursi roda yang mampu bergerak dikarenakan... Baca selengkapnya »

3 TIPS MEMBELI KURSI RODA YANG COCOK UNTUK ANDA

Ditulis pada: 24 Oktober 2019

Ketika hendak membeli kursi roda, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sehingga kursi roda itu dapat fit dengan lingkungan, gaya hidup, kondisi, dan budget Anda. Pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan pada diri Anda ketika hendak membeli kursi roda... Baca selengkapnya »

Apa itu cerebral palsy?

Ditulis pada: 17 Oktober 2019

Apa itu cerebral palsy? Cerebral palsy adalah nama sekelompok kondisi yang memengaruhi otot dan saraf. Penyakit ini bukan bawaan, tapi dimulai dari tahap awal kehidupan yaitu sejak lahir. Ada tiga jenis cerebral palsy (CP) adalah spastic (paling umum), athetoid, dan... Baca selengkapnya »